GLC Gelar Bimtek Peningkatan Pendapatan RSUD BLUD


KABARONTIME.COM - Government Learning Centre (GLC) kembali menggelar bimbingan teknis (bimtek) selama dua hari, 20-21 Juni 2024 di sebuah hotel di Malang. Acara kali ini bertema "Strategi Meningkatkan Potensi Pendapatan Rumah Sakit Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)".

Bimtek diikuti oleh jajaran direksi rumah sakit BLUD di Jawa Timur, termasuk RSUD dr. Sutomo Surabaya, RSUD dr. Saiful Anwar Malang, RS Mata Surabaya, RSUD dr. Soedono Madiun, RSUD dr. M. Noer Pamekasan, RSUD Karsa Husada Kota Batu, dan RS Haji Sukolilo Surabaya. Dari RSUD BLUD milik pemkab dan pemkot, hadir RSUD Kabupaten Jombang, RSUD dr. Soedarsono Kota Pasuruan, RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang, dan RSUD dr. Moh. Saleh Kota Probolinggo. Satu-satunya RSUD BLUD milik TNI AD yang ikut adalah RST Soepraoen Malang.

Materi bimtek meliputi hubungan Kementerian Kesehatan dengan RSUD BLUD, membangun visi misi untuk meningkatkan pendapatan RSUD BLUD, potensi pendapatan RSUD dari klaim BPJS, serta strategi mempertajam pendapatan RSUD BLUD

Baca pula Bimtek Strategi Peningkatan Potensi Pendapatan Rumah Sakit BLUD di Jawa Timur

Pemateri dalam bimtek ini antara lain Prof. HM Mas'ud Said, MM, Ph.D, pakar manajemen; Dr. dr. Cahyono Hadi, Sp OG, Subsp FER, SH, Direktur RSUD dr. Moewardi Solo; dr. Roni Kusuma Hadi, MMRS, AAK, perwakilan BPJS Kesehatan; drg. Vitria Dewi, M.Kes, Plh Kadinkes Jatim; dan drg. Puthut Tri Laksono, SM KKK dari Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI.

Direktur Government Learning Centre, Dr. Drs. M. Solihin Bahari, M.Si, menyatakan bahwa bimtek ini bertujuan untuk mencari cara rumah sakit dalam meningkatkan pendapatan tanpa mengorbankan pelayanan maksimal terhadap pasien. Ia menekankan pentingnya memanfaatkan potensi yang dimiliki rumah sakit, baik dari sisi pelayanan maupun lainnya.

Prof. HM Mas'ud Said, MM, Ph.D, sebagai Pembina Government Learning Centre, menekankan bahwa keberhasilan meningkatkan pendapatan rumah sakit sangat bergantung pada kepemimpinan di rumah sakit itu sendiri. Selain itu, penataan manajemen yang baik dan strategi yang terintegrasi, terutama dalam peningkatan pelayanan, sangat penting agar pasien tidak beralih ke rumah sakit swasta atau luar negeri.

Sejumlah direksi yang mengikuti bimtek mengaku acara ini sangat bermanfaat dalam rangka meningkatkan pendapatan rumah sakit, meskipun beberapa materi dari Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes dirasa kurang mendalam. Hal ini disebabkan oleh banyaknya RSUD BLUD di daerah yang menggunakan peraturan dan undang-undang berkaitan dengan Kementerian Dalam Negeri

0 Komentar