Bimbingan Teknis GLC Dorong Strategi Pendapatan RSUD BLUD di Jawa Timur

 


JAVASATU.COM-MALANG- Government Learning Centre (GLC) kembali menggelar bimbingan teknis di Malang selama dua hari, Kamis-Jumat (20-21/06/2024). Kali ini, fokus bimbingan teknis (bimtek) tentang ‘Strategi Meningkatkan Potensi Pendapatan Rumah Sakit Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)’.

Bimtek diikuti oleh sejumlah jajaran direksi dari berbagai rumah sakit BLUD di Jawa Timur. Di antaranya adalah RSUD dr. Sutomo Surabaya, RSUD dr. Saiful Anwar Malang, RS Mata Surabaya, RSUD dr. Soedono Madiun, RSUD dr. M.Noer Pamekasan, RSUD Karsa Husada Kota Batu, RS Haji Sukolilo Surabaya, RSUD Kabupaten Jombang, RSUD dr.Soedarsono Kota Pasuruan, RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang, RSUD dr. Moh.Saleh Kota Probolinggo, dan RST Soepraoen Malang (milik TNI AD).

Bimtek ini mencakup berbagai materi penting seperti hubungan dengan Kementerian Kesehatan, pembangunan visi misi untuk meningkatkan pendapatan RSUD BLUD, potensi pendapatan dari klaim BPJS, serta strategi untuk mempertajam pendapatan RSUD BLUD.


Beberapa pemateri ternama turut serta dalam acara ini, antara lain Prof. HM Mas’ud Said, MM, Ph.D, Dr. dr. Cahyono Hadi, Sp OG, Subsp FER, SH, Direktur RSUD dr. Moewardi Solo, dr. Roni Kusuma Hadi, MMRS, AAK, perwakilan BPJS Kesehatan, drg. Vitria Dewi, M.Kes dari Kadinkes Jatim, dan drg. Puthut Tri Laksono, SM KKK dari Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI.

Direktur Government Learning Centre, Dr. Drs. M. Solihin Bahari, M.Si menjelaskan bahwa tujuan dari bimtek ini adalah untuk membantu rumah sakit meningkatkan pendapatan tanpa mengorbankan pelayanan maksimal terhadap pasien, dengan memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki rumah sakit.

Pembina Government Learning Centre, Prof. HM Mas’ud Said, MM, Ph.D, menekankan pentingnya kepemimpinan dan manajemen yang baik dalam meningkatkan pendapatan rumah sakit.

“Hal ini diharapkan dapat mengurangi arus pasien ke rumah sakit swasta atau bahkan ke luar negeri,” tegasnya.

Diperoleh keterangan, para direksi yang mengikuti bimtek menyatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat dalam upaya meningkatkan pendapatan rumah sakit, meskipun ada beberapa aspek yang masih perlu disempurnakan, terutama terkait peraturan dan undang-undang dari Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes yang perlu penjelasan lebih tajam.





0 Komentar