Peserta Antusias Ikuti Pelatihan Atasi Oknum Wartawan-LSM Nakal



JAVASATU.COM-MALANG- Peserta antusias mengikuti Inhouse Training (IHT) ‘Strategi Menghadapi Wartawan-LSM Nakal’ yang digelar selama dua hari, Kamis-Jumat (29-30/08/2024) oleh Government Learning Centre (GLC) bersama PWI Jawa Timur, dengan dukungan Bank Jatim, di sebuah hotel di Kota Malang.

Kegiatan ini memberikan pengetahuan dan pencerahan kepada para peserta terkait cara menghadapi oknum wartawan dan LSM yang sering melakukan intimidasi, ancaman, dan pemerasan kepada pejabat dan lembaga pemerintah.

Narasumber dari Dinas Kominfo Jatim, Putut Darmawan, SE, MM, menjelaskan regulasi penanganan sengketa antara wartawan dan LSM dengan ASN serta instansi pemerintah, termasuk proses peradilan.

Sementara itu, Joko Tetuko, S.Pd, M.Si, Ketua Dewan Kehormatan PWI dan Ahli Pers di Dewan Pers, membahas ancaman terhadap wartawan dan LSM yang melanggar UU Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan UU ITE, serta cara menghadapinya melalui jalur hukum.

Materi lain disampaikan oleh Dr. Drs. Moh. Solihin Bahari, M.Si, yang membahas secara rinci tentang status media dan wartawan, jenis-jenis wartawan, ciri-ciri wartawan nakal, kaitan antara wartawan dan LSM nakal, serta strategi menghadapi mereka.


Dua narasumber tambahan, yaitu Muhaimin, S.Sos, Pemimpin Redaksi Malang Posco Media, dan Naning Yusuf, Direktur Times Indonesia Network, memberikan materi terkait teknik pembuatan berita yang layak dimuat media dan pemanfaatan media sosial serta teknologi kecerdasan buatan (AI) bagi instansi pemerintah.

Salah satu peserta, Sumarni, SP, M.Pd, Kepala SMAN 1 Sooko Tuban, mengaku senang mengikuti pelatihan ini karena mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk menghadapi oknum wartawan dan LSM nakal.

0 Komentar